Organisasi Merupakan : Pengaturan yang tersusun dari
sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu. Pengorganisasian merupakan
Fungsi manajemen yang sangat penting, karena tanpa pengorganisasian yang jelas,
sulit melakukan proses manajemen yang di butuhkan untuk melaksanakan tugas yang
di perlukan untuk mencapai tujuan institusi, perusahaan, pemerintahan ataupun
organisasi itu sendiri.
3 Ciri
Umum Organisasi
• Pertama :
Tiap oraganisasi mempunyai tujuan yang khas. Tujuan itu biasanya tunjukkan
dalam suatu sasaran yang diharapkan
untuk dicapai
• Kedua :
Organisasi membutuhkan Orang-orang yang akan bekerja dalam mengimplementasikan
tujuan yang di targetkan
• Ketiga :
Semua oraganisasi Menyusun Orang-orang tersebut dalam suatu Struktur sehingga
anggota mereka dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan porsi masing-masing
Aktivitas
Yang Terkait Dengan Pengorganisasian
• Mengorganisasi : Mengatur dan mengaitkan kegiatan satu sama lain sehingga dapat dijalankan secara efektif.
• Mengorganisasi : Mengatur dan mengaitkan kegiatan satu sama lain sehingga dapat dijalankan secara efektif.
• Mendefinisikan
pekerjaan : Atau kegiatan yang harus di lakukan sehingga hasilnya
dapat di capai.
• Mengelompokan
pekerjaan : Mendesain pekerjaan ke dalam suatu struktur organisasi
sehingga para anggotanya dapat meraih misi organisasi.
• Menugaskan
pekerjaan : mengalokasikan pekerjaan yang harus dilakukan sehingga
orang dapat mencapai sasaran mereka.
•
Mengintegrasikan pekerjaan : dalam dan antar organisasi sehingga orang dapat
bekerja efektif dan meraih misi organisasi.
•
Mendelegasikan pekerjaan : mempercayakan tanggung jawab dan otoritas kepada
orang lain dan menyusun akuntabilitas atas hasilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar